Minggu, 21 Mei 2017

Cara Membuat Akrilik di Pusat Akrilik Surabaya

Author : Wastim Tim | Rilis : 22.06 | Labels :


Cara Membuat Akrilik di Pusat Akrilik Surabaya


Akrilik adalah salah satu bahan yang pas jika digunakan untuk berbagai macam hiasan. Sifatnya yang tembus pandang, tidak mudah pecah, kuat, lentur, tahan lama, serta memiliki aneka macam warna, membuat bahan yang satu ini pas jika digunakan untuk berbagai macam hiasan. Itu juga yang membuat pusat akrilik Surabaya ini membuat berbagai macam hiasan dari bahan tersebut, salah satunya plakat akrilik.

Dengan berbagai macam sifat yang dimiliki oleh akrilik tersebut, membuat plakat akrilik pas jika dibentuk dan didesain sedemikian rupa hingga terlihat cantik, dan pas jika digunakan sebagai sebuah kenang-kenangan, simbol untuk penghargaan tertentu, atau untuk hal lainnya lihat http://www.plakat-trophy.com .
 
Proses pembuatan plakat akrilik ini sendiri tidak terlalu sulit, berikut ini adalah penjelasan tentang cara membuat plakat akrilik itu sendiri :

1. Tahap memotong
Tahap pertama yang dilakukan untuk membuat plakat akrilik adalah memotong body dan kaki plakat itu sendiri. Disini akrilik lembaran akan dibentuk sesuai dengan model yang diinginkan. Setelah proses pembentukan selesai dilakukan, berikutnya adalah proses pemotongan. Untuk proses pemotongan ini sendiri bisa dilakukan dengan 2 macam cara, antara lain :

- Menggunakan cutter atau gergaji
Teknik memotong pertama yaitu menggunakan cutter atau gergaji. Sistem pemotongan seperti ini biasanya digunakan untuk bentuk sederhana, seperti lurus, atau menyerong saja, dengan radius potong yang besar. Pola potong tentu harus mengikuti pola yang sebelumnya sudah dibentuk. Itu sebabnya, pola potong harus sama besar, agar ukuran plakat yang satu sama dengan plalak lainnya. Teknik seperti ini tentu saja membutuhkan keahlian khusus, untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu, teknik ini juga membutuhkan perlakukan khusus, pada saat finishing.

- Menggunakan mesin laser
Cara kedua adalah menggunakan teknik laser. Teknik seperti ini memang sudah lama digunakan, dan teknik ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain, lebih cepat dibandingkan teknik manual, dapat digunakan untuk memotong desain yang rumit, dengan hasil yang seragam. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mensetting, desain yang diinginkan pada software bawaan pada mesin laser. Dengan demikian, mesin ini dapat memotong akrilik dengan baik, dan ukuran yang sama untuk setiap plakat akrilik yang dibuat. 

2. Tahap finishing
Setelah tahap pemotongan selesai, maka berikutnya masuk ke tahap finishing. Untuk proses finishing ini, dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :

-   Proses pembentukan bagian akhir
Pada tahap ini, bentuk awal pkalat diperhalus, dengan memotong beberapa detal yang kurang, terutama untuk bagian lekukan, dan yang lainnya. Pekerjaan seperti ini biasanya manual, alat bantu yang digunakan pun cukup sederhana, yaitu gerinda dan mesin amplas, yang sudah dimodifikasi.

-    Proses penghalusan
Setelah detail akrilik diperoleh, berikutnya adalah menghaluskan detail tersebut. Proses ini juga dilakukan secara manual, alat yang digunakan pun cukup sederhana, yaitu menggunakan air dan amplas. Pada bagian yang dihaluskan ini, akan terlihat lebih putih dan juga kusam, namun memiliki permukaan yang lebih halus.

-  Proses poles
Setelah pkalat akrilik dinilai lebih halus, dan sempurna, berikutnya adalah menyempurnakan penampilan plakat tersebut dengan memperbaiki aneka goresan yang ada, dan memoles permukaan plakat dengan cairan poles, hasilnya plakat akan terlihat lebih bening dan mengkilap tanpa goresan. 

3.  Tahap penulisan dan gambar
Setelah proses poles selesai, proses berikutnya yang akan dilakkan adalah memberikan tulisan atau gambar pada plakat itu sendiri. Untuk proses pemberian tulisan atau gambar, akan dikelompokkan berdasarkan dimensi yang akan digunakan, apakah menggunakan :

-   2 dimensi
Yang dimaksud dengan teknik tulisan dan gambar 2 dimensi adalah, menggunakan teknik printing dan juga teknik sablon, yang akan diaplikasikan pada plakat secara langusng. Kelebihan dari teknik ini adalah tulisan dan warna gambar memiliki sifat gradasi yang cantik. 

-   3 dimensi
Yang dimaksud dengan teknik tulisan dan gambar 3 dimensi adalah, menggunakan mesin grafir. Proses pembuatanya mirip dengan teknik memotong akrilik menggunakan mesin alser. Namun tingkat kedalaman potong cukup kecil, biasanya hanya sekitar 1 mm saja. Hasil pemotongan atau hasil ukiran tersebut akan terlihat putih diantara warna akrilik yang bening mengkilap. Salah satu karakter tulisan atau gambar dengan teknik 3D pada pusat akrilik Surabaya ini adalah memberikan efek, menyala ketika gambar atau tulisan tersebut terkena sinar atau cahaya. 

Info Pesanan Order
Workshop : Jati Padang Utara
Jl. Ketapang Gang Duren VII No. 75 Pasar Minggu – Jakarta Selatan
Kontak : Wastim
Telepon : 021 - 78840575, 0812-8150-460
logoblog

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.